Bagaimana menurut kamu tentang blog ini?

Sabtu, 16 Maret 2013

Blog yang Sepi

blog yang sepiMasalah yang biasanya dihadapi para blogger baru, "Sepi Pengunjung". Ya, maklumin saja, untuk menjadi blogger yang sukses yang tentu blognya ramai pengunjung dibutuhkan proses yang tidak sebentar. Blog - blog yang sudah ramai pengunjungnya tentu sudah bersahabat dengan "Om Google" dan kalau sudah menjadi sahabat, pasti sahabatnya "Om Google" akan diletakan di halaman pertama, apalagi yang sudah menjadi "Best Friend" akan ditempatkan di posisi nomor 1 di halaman pertama pencarian.

Nah, bagi yang masih baru membuat blog, jangan heran kalau pengunjung blognya kok cuma 80, 50, 10, dsb. Ini karena blog sobat masih baru saja berkenalan dengan "Om Google" atau "Paman Yahoo" dan om - om search engine lainnya. Ya, kalau baru kenal, kemungkinannya sangat kecil jika blog sobat langsung dijadikan sahabat dari om - om search engine itu, kecuali blog sobat punya keistimewaan tersendiri. 

kualitas nomor 1Agar blog sobat bisa cepat dikenal, tentunya sobat harus melakukan berbagai cara agar blog sobat bisa menarik perhatian. Menarik perhatian disini bukan berarti menambah sebanyak - banyaknya konten - konten untuk mempercantik blog, tapi blog sobat harus diisi dengan artikel - artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Bermanfaat, berarti artikel - artikel di blog sobat dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pembacanya. Berkualitas, berarti artikel - artikel di blog sobat berisi informasi yang bukan merupakan hasil jiplakan dari situs lain. Kalau sobat mau berbagi informasi yang sobat dapat dari situs lain, cobalah sobat tulis ulang dengan bahasa sobat sendiri dan lebih baik lagi jika menambal kekurangan - kekurangan yang ada pada artikel yang sobat baca. Jadi, jangan sampai artikel - artikel di blog sobat berisi hasil "copas" (Copy Paste) dari artikel di situs lain.

Cara lain adalah dengan melakukan teknik "SEO" atau Search Engine Optimization. Kalau yang ini, mungkin butuh cukup pengetahuan tentang cara kerja search engine dan juga keahlian pengkodean HTML. Tapi, sobat blogger bisa juga mencari trik ini di Google. Banyak situs yang membagikan trik - trik "SEO" yang bisa kamu praktekan pada blogmu. Kamu bisa mencarinya dengan kata kunci "Trik SEO" atau "Teknik SEO" atau kata kunci lain tentang "SEO" bisa kamu coba.

Okelah sobat blogger, bangun terus blog kamu dengan semangat. Bagikan informasi yang berguna bagi pengunjung - pengunjung blog kamu, tapi juga harus berkualitas. Semakin banyak artikel di blog kamu, blog kamu juga akan semakin diperhitungkan oleh search engine, karena dianggap blog yang penting. Hentikan kebiasaan menjiplak, cobalah untuk membuat artikel dari hasil tulisan sendiri. Artikel ini pun adalah hasil dari tulisan saya sendiri, karena sedang tidak ada bahan ide yang dapat saya tulis, akhirnya jadilah artikel ini, hehehe.....

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Koreksi juga jika ada informasi yang salah. Salam Blogger.

4 komentar:

  1. dari dulu saya mau belajar SEO tapi gak mudeng-mudeng. soalnya yang ada di tulisan2 yang ketemu dari pencarian google juga sering njlimet. liat blognya aja udah puyeng, apalagi mbaca tulisannya..

    sekadar usul gimana kalo di postingan selanjutnya membahas masalah SEO? dg bahasa enteng dan tutorial yg mudah dicerna.. jangan lupa kirim link kalau udah kelar dibikin, hehe....

    masdi.blogdetik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide yang bagus gan.
      Kalau ada waktu akan saya post teknik SEO dengan bahasa yang semudah-mudahnya dicerna.

      Hapus
  2. Kunjungan balik Gan.!!! betul sekali gan kalo mau blog kita banyak pengunjung kita sebagai admin blog harus bisa membuat artikel yang bagus untuk blog kita . Good Luck..!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip... Sukses buat blognya gan dan posting terus artikel-artikel berkualitas.

      Hapus