Bagaimana menurut kamu tentang blog ini?

Sabtu, 09 Maret 2013

Membuat Pesan Pembuka dan Penutup pada Blog

Apa kamu pernah lihat tiba - tiba muncul sebuah message ketika kamu sedang berkunjung ke suatu blog, misalnya, "Selamat datang di blog saya!". Pesan itu adalah alert message, tapi digunakan sebagai pesan pembuka. Kamu juga bisa membuat blog kamu memiliki pesan pembuka seperti itu. Caranya tidak susah kok, tapi saya sarankan lebih baik blog kamu tidak menggunakan alert message seperti itu. Kenapa? Itu akan sedikit membuat blog mu agak berat saat dibuka oleh pengunjung (tapi tidak terlalu terasa) dan juga ada beberapa pengunjung yang tidak suka dengan hal yang seperti itu. Ini hanya untuk sekedar pengetahuan aja untuk melepas rasa penasaran, boleh saja dicoba. Caranya seperti ini:

Untuk membuat pesan pembuka:
  1. Login ke dalam blog
  2. Pilih tab "Template", lalu pilih "Edit HTML".
  3. Saya sarankan untuk mem-backup template yang sekarang digunakan agar jika terjadi kesalahan, blog mu tidak berantakan.
  4. Tekan Ctrl + F dan tulis kode ini <head>, kode itu akan ketemu secara otomatis.
  5. Letakan kode berikut tepat dibawah kode pada tadi:
<script type='text/javascript'>
alert("Selamat datang di blog saya, jangan lupa komentarnya ya..")
</script>

Setelah itu, jangan lupa disimpan perubahannya. Tulisan yang berwarna biru dapat kamu ubah sesuai keinginanmu.

Tadi itu adalah pesan pembuka, sekarang pesan penutup. Pesan ini akan muncul saat pengunjung akan meninggalkan blog kamu. Untuk membuat pesan penutup, hampir sama dengan membuat pesan pembuka, hanya saja kodenya yang berbeda. Saya sarankan lagi untuk mem-backup template yang sekarang digunakan agar jika terjadi kesalahan, blog mu tidak berantakan. Cari kode <head> atau jika sudah membuat pesan pembuka letakan kode ini tepat dibawah kode <head> atau kode pesan pembuka tadi:

<script type='text/javascript'>
// goodbye alert
function goodbye(){
alert(&#39;Terima kasih ataas kunjungannya, salam blogger.. &#39;);
}
parent.window.onunload=goodbye;
</script>

Tulisan yang berwarna biru dapat kamu ubah. Jangan lupa simpan perubahannya. Silahkan dicoba, tapi saya sarankan hanya untuk mencoba saja. Para blogger yang membaca artikel ini mungkin ada yang lebih ahli, saya akan senang menerima komentar jika artikel ini ada kekurangan atau kesalahan.

Salam Blogger.

0 komentar:

Posting Komentar