Bagaimana menurut kamu tentang blog ini?

Sabtu, 09 Maret 2013

Title Blog yang Bergerak pada Tab Browser

Trik - trik pada blogspot sangat beragam. Setelah beberapa artikel saya tentang Trik - Trik Blogspot, kali ini saya akan membagikan lagi salah satu trik pada blogspot. Saya akan berbagi cara untuk membuat title blog yang berjalan atau bergerak pada tab browser yang membuka blog kamu.

Mungkin kamu pernah melihat tulisan yang berjalan atau bergerak pada tab browser yang sedang membuka blog orang lain yang kamu kunjungi. Misalnya tulisan ini, "Selamat datang di blog saya............ Jangan lupa tinggalkan komentar dan saran". Mungkin kamu pernah lihat tulisan seperti itu bisa bergerak atau berjalan pada tab browsermu yang sedang membuka blog itu. Tulisannya bergerak mulai dari kata "Selamat" hingga akhir dan kembali lagi ke awal kata. Jangan heran melihat tulisan itu.

Nah, kali ini saya akan bahas cara membuat tulisan seperti itu. Kalau kamu mau membuat title bergerak pada blog kamu, caranya sangat mudah kok. Tenang saja, kamu tidak perlu ahli dalam bahasa HTML atau semacamnya, yang kamu perlukan hanyalah sebuah blog :D. Kamu bisa mencoba membuat title bergerak itu dengan mengikuti langkah - langkah dibawah:
  1. Login ke Blog.
  2. Masuk ke bagian "Template", lalu pilih "Edit HTML".
  3. Cari kode <b:skin><![CDATA]/* , agar mudah mencarinya tekan Ctrl + F, lalu tulis kode tadi.
  4. Copy kode dibawah ini tepat diatas kode tadi: 
<script language='JavaScript'>
var txt=&quot;===:Welcome to My Blog:===:Silahkan tinggalkan komentar dan saran sobat di blog ini:===:Terima Kasih:===&quot;;
var kecepatan=60;var segarkan=null;function bergerak()
{ document.title=txt;
txt=txt.substring(1,txt.length)+txt.charAt(0);
segarkan=setTimeout(&quot;bergerak()&quot;,kecepatan);}bergerak();
</script>

Tulisan yang berwarna biru dapat kamu ubah dengan kata - katamu sendiri. Tulisan berwarna hijau, yaitu angka 60, dapat kamu ubah dengan angka lain. Angka 60 itu adalah kecepatan tulisannya bergerak. Semakin kecil angkanya, semakin cepat tulisannya, begitu juga sebaliknya. Tulisan merah jangan kamu ubah - ubah sedikit pun, kecuali kamu sudah ahli HTML, kalau kamu hilangkan satu saja titik atau koma atau tanda baca lainnya yang berwarna merah, maka script-nya akan gagal.
Setelah semuanya beres, simpan perubahannya dan lihat hasilnya. Kalau tulisannya terlalu lambat atau terlalu cepat berjalannya, atur saja kecepatannya sampai sesuai.

Gimana, blogger? Sudah hilang sekarang rasa penasarannya? Kalau sobat blogger kurang mengerti dengan cara diatas atau sobat blogger menemukan kesalahan dalam scriptnya, kotak komentar sudah tersedia bagi kamu. Saya juga akan senang bila sobat blogger punya saran atau kritik untuk artikel ini atau blog saya.

Salam Blogger

0 komentar:

Posting Komentar