Bagaimana menurut kamu tentang blog ini?

Selasa, 12 Maret 2013

Mengganti Logo atau Lambang Blogspot pada Blog

Halo blogger, kali ini saya mau berbagi trik lagi tentang blog. Sebelum saya lanjutkan, coba lihat dulu tab di browser kamu yang sedang membuka blog kamu, apa lambangnya? Bagi kamu yang belum pernah mengganti lambang blogspot pada blog, pasti lambangnya huruf B, yaitu logonya blogspot.

Kali ini saya akan berbagi ilmu bagaimana cara mengubah atau mengganti lambang atau logo blogspot pada blog. Contohnya seperti artikel yang sedang kamu baca ini, logo blognya tidak lagi menggunakan logo blogspot. Caranya relatif mudah, kita hanya perlu mengupload gambar yang berukuran 24 x 24 pixel atau 32 x 32 pixel dan berformat gif, ico, atau jpg ke situs photo hosting seperti photobucketimageshack, dsb. Jika kamu sudah memiliki akun dari salah satu photo hosting itu akan lebih mudah, karena tidak perlu mendaftar lagi, atau mungkin kamu malah sudah memiliki gambar seperti syarat - syarat diatas, itu lebih memudahkan lagi. Kalau kamu kesulitan dalam mendaftar dan upload gambar ke salah satu photo hosting, saya juga sudah menulis artikel tentang Cara Daftar dan Upload di Imageshack, silahkan dilihat.

Kamu dapat membuat logo blogmu menggunakan software untuk mengedit atau membuat gambar. Jika kamu tidak mau menggambar sendiri logonya, mungkin kamu bisa mengedit beberapa gambar menggunakan photoshop atau aplikasi pengedit gambar lainnya. Cari saja gambar - gambar yang kamu inginkan di google images, lalu mengedit sesukamu. Tapi, kalau kamu belum mengenal photoshop, gunakan saja aplikasi lain, atau yang sederhana saja seperti paint. Usahakan ukuran gambarnya kecil saja, sekitar ukuran yang tadi saya beritahu diatas, karena jika ukurannya besar, saya belum yakin bisa.  

Setelah logo baru siap, sekarang kita lakukan pengaturan di blog. Ikuti langkah - langkah berikut:
  1. Login ke blog.
  2. Pada beberapa tab disamping kiri, pilih "Template".
  3. Cari tombol "Edit HTML", lalu klik.
  4. Cari tulisan </head> diantara kode - kode html, untuk memudahkan, tekan tombol pada keyboard CTRL + F, lalu ketikan </head>.
  5. Setelah ketemu kode tadi, letakan kode berikut sebelum (diatas) kode head tadi, jangan lupa untuk disimpan perubahannya setelah selesai.
<link href='http://img809.imageshack.us/img809/5821/rxcopy.jpg' rel='SHORTCUT ICON'/>

Tulisan yang berwarna biru adalah lokasi url tempat kamu menyimpan gambar di photo hosting. Jika kamu menggunakan imageshack, url gambarnya hampir sama seperti contoh diatas, hanya angka dan nama gambarnya yang berbeda.

Bagaimana? Mudahkan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu, blogger. Kalau kamu menemukan kesalahan atau kekurangan dalam artikel saya ini, silahkan beritahu saya agar saya bisa memperbaikinya. 


0 komentar:

Posting Komentar